Kenapa Harus Ilmu Komunikasi ?

Mengapa memilih ilmu komunikasi (communication studies) di perguruan tinggi merupakan salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan student/siswa yang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Tulisan ini akan sedikit menjelaskan kepada kalian mengapa sihharus memilih jurusan ilmu komunikasi di perguruan tinggi.
Kebutuhan akan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dan efektif merupakan suatu kenyataan yang tidak perlu dipertanyakan lagi
saat ini. Kalangan profesional harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat melejitkan karirnya di dunia profesional. Kalangan politik juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang memadai untuk dapat melobi dan memenangkan suatu pemilihan. Bahkan, seorang dokter pun harus tahu cara yang baik untuk berkomunikasi dengan pasiennya agar pengobatan dokter tersebut berhasil. Nah, dengan belajar ilmu komunikasi kalian akan diajarkan bagaimana memahami komunikasi dan cara membangun komunikasi yang efektif.

Mahasiswa ilmu komunikasi akan belajar bagaimana menganalisis sebuah tulisan, gambar, video, percakapan, dan berbagai pesan-pesan elektronik yang dilihat melalui perspektif ilmu-ilmu sosial. Mahasiswa komunikasi juga akan belajar bagaimana meghasilkan pesan yang menjadi sarana ekspresi artistik dan fungsional.

Ilmu komunikasi juga merupakan salah satu jurusan favorit bidang IPS diberbagai perguruan tinggi didunia beberapa tahun belakangan ini. Mahasiswa ilmu  komunikasi juga akan diajarkan bagaimana mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dibidang komunikasi yang sangat penting dalam perkembangan dunia diabad 21 ini.

Ilmu Komunikasi akan membantu anda memahami cara tatap muka dan pengaruh berbagai media komunikasi dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam dunia kerja, interaksi sosial, opini publik, hubungan masyarakat/public relations, kegiatan ekonomi, dan kegiatan dibidang politik.

Tak hanya itu, anda juga akan belajar cara menganalisis dan mengevaluasi praktik komunikasi secara kritis, belajar bagaimana cara berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Anda juga akan dipersiapkan untuk pindah ke sejumlah profesi di mana Anda akan menggunakan keterampilan komunikasi yang efektif untuk terlibat interaksi dengan orang lain.

Lalu, bagaimana dengan peluang dan kesempatan karir bagi lulusan ilmu komunikasi?

Sebagai lulusan ilmu komunikasi, anda akan memiliki banyak kesempatan kerja. Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai marketing manajer, konsultan, pengajar, periklanan/advertising, dunia broadcasting, penyiar radio, bekerja di industri media baik itu televisi maupun online, personalia, EO (event organizer), jurnalis, dan dunia hubungan masyarakat atau public relations.

Sekarang, bagaimana pendapat anda mengenai ilmu komunikasi setelah penjelasan di atas? 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: